Kamis, 12 Januari 2017

Final Project SEKOLAH CERIA : Pengalaman Pribadi


Assalamualaikum...

Inilah beberapa pengalaman saya ketika melakukan kegiatan yang bertema “SEKOLAH CERIA” , jadi kegiatan ini memberikan saya banyak pelajaran dan hikmah yang dapat saya ambil dari pengalaman ketika melakukan program kegiatan tersebut.

Jadi kegiatan ini awalnya terlahir ketika dosen yang mengajar Mata Kuliah PKN memberikan tugas tentang PANCASILA, jadi sebelumnya beliau memberikan tugas untuk membuat TOR (Term of Reference) yang bertujuan untuk program-program apa saja yang akan kami lakukan ketika melakukan sebuah project. Saya berada dikelompok 2 , pada awalnya saya agak kebingungan dan terasa asing ketika mendengar tentang cara membuat TOR, tapi Alhamdulillah berkat bantuan” om google” dan teman-teman sekelompok saya lumayan bisa mengerti maksud dari pembuatan TOR itu.

Selanjutnya, kami melakukan survey-survey di beberapa sekolah dasar, dan setelah melakakukan survey kita mendapatkan sebuah SD yang kami rasa kalau sekolah itu sesuai dengan project kami, dan langsung saja kita meminta izin pada pihak sekolah tersebut. Setelah itu kami menamai project tersebut dengan tema “SEKOLAH CERIA”.

Pada awal melakukan project SEKOLAH CERIA ini, saya merasa tegang rasa karna sebelumnya belum pernah melakukan kegiatan yang seperti ini. Kemudian saya juga belum banyak berpengalaman dibidang ini. Dan saya juga masih belum bisa memahami teman-teman kelompok tentang bagaimana apa yang akan kami lakukan ketika berada dikelas. Nah, ketika masuk pertama kali kekelas saya merasa sedikit khawatir karena belum bisa melakukan pendekatan yang tepat kepada anak-anak tersebut.

Sebelum melakukan kegiatan pada pertemuan kedua, saya terlebih dahulu berdiskusi dengan anggota kelompok untuk membahas dan mengevaluasi kinerja kita sebagai tim pada pertemuan pertama. Pada diskusi itu, menurut saya mungkin kami masih belum terlalu kompak ketika memberikan ide-ide, bisa saja ini dikarenakan kekhawatiran yang berlebihan. Dan pada pertemuan kedua disini saya berusaha untuk tidak terlalu tegang rasa, efek yang saya rasakan pada pertemuan ini saya merasa telah bisa sedikit menyatu dengan anak-anak.

Pada pertemuan-pertemuan selanjutnya kami kesusahan dalam mendapatkan ide-ide yang menarik dalam melakukan kegiatan. Dan ternyata kesusahan kita mendapatkan ide tersebut bisa berubah dan terasa berbeda ketika kami melakukan kegiatan disana, ketika masuk ke ruangan kelas saya berasa khawatir akan kacau kegiatan pada hari itu karna kekurangan ide, tetapi itu semua bisa diatasi berkat kinerja yang kompak pada tim kami. Disini saya merasa bahwa kita dalam menghadapi sesuatu jangan merasa terbebani oleh tugas tersebut karna kita semua juga mengalami hal yang sama dan melaluinya juga sama-sama dengan teman-teman kelompok.

Dan pada pertemuan Final project kita di SD tersebut, kami membuat acara membaca puisi dengan menggunakan gaya dalam menyampaikan pesan dalam puisi kepada anak-anak. Dan setelah beberapa kali memberikan latihan membaca puisi selanjutnya mereka membacanya dengan menggunakan gaya mereka masing-masing. Saya merasa bahagia karena apa yang telah kita berikan kepada mereka itu dapat berguna dan mereka lebih berani tampil didepan.

Nah , dengan berakhirnya semua project SEKOLAH CERIA, disini Saya sangat tersentuh dan senang ketika semua kagiatan yang kami lakukan akhirnya selesai, tetapi saya juga merasa ada sesuatu hal yang lain, di hati saya merasa sedih karna apa yang telah kami lalui dengan tim dan juga kebersamaan kami dengan anak-anak di SD tersebut akhirnya telah usai. Sangat menyenangkan bisa bersama mereka semua suka dan duka kami lalui bersama dan apapun masalah kami hadapi bersama walaupun dalam perjalanannya mungkin ada perbedaan pendapat.

Pelajaran yang dapat saya ambil ketika melakukan project sekolah ceria ini adalah ketika saya melakukan kegiatan bersama tim , kita tidak boleh mempertahankan ego dalam memberikan saran atau pendapat maupun ide-ide kita. Disini saya menyadari bahwa kerja sendiri dalam melakukan sebuah project itu akan berasa lebih susah kalau masing-masing dari anggota kelompok mengedepankan dan mempertahankan sikap ego-nya sendiri. Tetapi sebaliknya, jika sebuah masalah yang susah kita hadapi sama-sama, maka masalah tersebut akan terasa lebih mudah dan gampang dalam menyelesaikannya.

Saya sangat berterimakasih kepada semua anggota kelompok tim sekolah ceria ini karena apa yang kita lakukan dapat menjadi pelajaran dan pengalaman yang mungkin tidak akan terulang untuk kedua kalinya,  dan juga saya berterimakasih kepada pihak-pihak sekolah di SDN 2 NEUHUN karena telah menyukseskan project kami serta memberikan tempatnya untuk tempat berlabuh kami pada project ini, juga terimakasih saya kepada ibu Deasi Susilawati selaku dosen yang telah memberikan tugas ini, mungkin tanpa tugas ini saya belum tentu bisa mendapatkan pelajaran maupun pengalaman yang sangat luar biasa ini. 



  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar